5 (Lima) Kiat Agar Persahabat Selalu Harmonis

Lbm-Nu Lampung. Setiap orang tentunya sangat menginginkan persahabatannya selalu indah dan harmonis. Berikut ini adalah beberapa kiat dan cara yang harus dilaksanakan agar persahabatan selalu terjaga keharmonisannya, yaitu antara lain :
  1. Saling menghormati. Kamu harus sabar bahwa para sahabat yang ada di sekelilingmu itu berasal dari berbagai latar belakang. Misalnya mereka mempunyai agama, tradisi dan kebiasaan yang berbeda latar belakang sosial pendidikan yang berbeda, kondisi ekonomi yang berbeda pula, berasal dari suku yang berbeda bahkan dari Negara yang berbeda. Di sinilah pentingnya saling menghormati.
  2. Saling Mengasihi. Kasih sayang antara anggota masyarakat ini amat penting. Ksasih sayang ini akan melahirkan kekuatan yang amat besar dalam rangka terciptanya masyarakat yang rukun, Solid dan kompak, juga akan melahirkan kepekaan sosial yang amat dalam, bahkan seseorang yang mengasaihi sahabatnya dengan tulus, melahirkan sebuah persaudaraan, yanag lebih dari saudaranya sendiri.
  3. Saling melindungi. Tatkala salah seorang sahabat kita mendapat ancaman serangan dari pihak lain misalnya, kita wajib memberikan perlindungan, asal dia aberada di pihak yang benar. Tetapi bila dia yang aslah kita wajib melindunginya 
  4. Saling menasehati. Ketika ada sahabat kita yang berselisih atau bertengkar ataupun melakukan perbuatan yang tidak baik terhadap sahabat-sahabat yang lain maka kita wajib menasehatinya.
  5. Saling bekerjasama dan tolong menolong. Ketika sahabat kita sedang mempunyai hajat ataupun kegiatan yang membutuhkan bantuan maka sebisa mungkin kita membantunya kiat harus saling bekerja sama, tolong menolong hingga melahirkan keharmonisan dalam bertemah, kita harus ingat bahwa saat nanti, kita juga membutuhkan bantuan mereka. “Dari abu hurairah r.a aBerkat : Rosulullah SAW bersabda ,” Allah akan slalu menolong hambanya selama hamba itu mau menolong saudaranya :, (H.R Muslim)