Pesantren Nurul Quran Tumijajar Tuan Rumah Konfercab NU Kabupaten Tulang Bawang Barat Ke-4 Tahun 2024

ketua SC Konfercab 4 PCNU Tulang Bawang Barat, Syaiful Mudhofi
ketua SC Konfercab 4 PCNU Tulang Bawang Barat, Syaiful Mudhofi

Tulang Bawang Barat — Pesantren Nurul Quran di kelurahan Dayamurni, kecamatan Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat, akan menjadi tuan rumah Konferensi Cabang (Konfercab) NU ke-4 Tulang Bawang Barat tahun 2024. Acara ini dijadwalkan berlangsung di Pesantren Nurul Qur'an Tumijajar pada tanggal 28 Maret 2024. Pemilihan pesantren asuhan KH Nurhadi sebagai lokasi Konfercab ini telah disepakati melalui rapat panitia Konferensi yang merupakan bagian dari PCNU Tulang Bawang Barat.


Berdasarkan pengamatan Dumas.id, panitia Konfercab dan keluarga besar Pesantren Nurul Qur'an telah memulai persiapan, termasuk menyiapkan area untuk acara pembukaan dan lokasi untuk persidangan yang akan dihadiri oleh pengurus NU dan Kiai di Tulang Bawang Barat.

Panitia Steering Comite (SC) Konfercab PCNU Tulang Bawang Barat, H. Edi Anwar, menjelaskan bahwa pelaksanaan Konfercab ini merupakan tugas yang diberikan kepada panitia untuk menyukseskan acara ini dengan melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) hingga ranting NU di Tulang Bawang Barat.


“Konfercab NU ke-4 ini adalah forum permusyawaratan tertinggi NU di tingkat kabupaten, dihadiri oleh perwakilan dari Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU) se-Tulang Bawang Barat. Konferensi ini menjadi ajang evaluasi perjalanan NU di Tulang Bawang Barat selama lima tahun terakhir, serta menyusun program kerja lima tahun ke depan untuk memajukan peran NU dalam membangun masyarakat dan umat, untuk itu dibutuhkan kerja keras segenap panitia mempersiapkannya dengan waktu yang reatif singkat ini,” ujar Wakil Ketua PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam rapat koordinasi internal panitia Konfercab pada 9 Maret 2024.


Terpisah, ketua SC, Syaiful Mudhofi menambahkan bahwa ada 9 MWCNU yang akan berpartisipasi dalam Konfercab tersebut, mencakup MWCNU Kecamatan Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang Udik, Tumijajar, Lambu Kibang, Gunung Terang, Gunung Agung, Way Kenanga, dan Batu Putih. Ia juga menyebutkan bahwa rangkaian acara melibatkan sidang pleno, sidang komisi, dan pemilihan kepengurusan yang akan memimpin NU Tulang Bawang Barat selama lima tahun mendatang.


Untuk sidang komisi, lanjutnya, akan dilakukan dalam dua komisi, yaitu komisi pertama yang membahas keorganisasian dengan pembahasan Pokok-Pokok Program Kerja dan Rekomendasi. Sedangkan komisi kedua akan membahas masalah keagamaan dengan pembahasan hukum atas masalah keagamaan dan kemasyarakatan.


“Pada Konfercab NU Tulang Bawang Barat 2024, akan dilakukan pemilihan Rais Syuriyah dan Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang NU untuk periode 2024-2029. Pemilihan ini menjadi salah satu momen krusial dalam menentukan kepemimpinan NU di tingkat kabupaten,” tambahnya mengenai Konferensi yang akan dibuka oleh Pengurus PBNU dan dihadiri oleh PJ Bupati Tulang Bawang Barat, M. Firsada.