Kisah Inspiratif Blogger: Dari Copas Tanpa Sumber Hingga Meraup Keberhasilan 300 Juta dengan Google AdSense

Dari Copas Tanpa Sumber Hingga Meraup Keberhasilan 300 Juta dengan Google AdSense


Awal Mula Ngeblog: Perjalanan Menuju Kesuksesan dengan Google AdSense


Mengawali perjalanan sebagai seorang blogger tidak selalu mulus. Tidak terkecuali bagi saya, yang pada awalnya hanya iseng-iseng membuat blog pada tahun 2013. Pada masa itu, kebanyakan konten blog saya merupakan hasil copy-paste tanpa menyertakan sumber. Namun, semangat untuk menjadi seorang blogger sejati mulai muncul pada tahun 2015, terinspirasi oleh seorang blogger senior, Mas Dian.


Pada awalnya, saya mengalami banyak penolakan dari Google AdSense, bahkan hingga empat kali. Namun, tekad dan ketekunan membawa hasil, karena pada percobaan kelima, tepatnya pada bulan Februari 2015, akhirnya saya diterima sebagai mitra Google AdSense. Bahkan, kabar baik dari Google baru datang beberapa bulan setelah saldo akun saya mencapai lebih dari $10.


Pengalaman Gaji Pertama dengan Google AdSense


Pengalaman gaji pertama setelah bergabung dengan Google AdSense menjadi momen yang sangat dinanti-nantikan. Pada bulan Juli 2016, saya menerima gaji pertama sebesar $103. Bayangkan, iklan yang dipasang mulai Februari 2015 baru menghasilkan penghasilan setahun kemudian. Namun, perjalanan tidak selalu mulus. Saya sempat vakum selama dua tahun karena mengumpulkan penghasilan sebesar 1.3 juta membutuhkan waktu lebih dari setahun. Namun, semangat saya tidak padam. Meskipun sempat vakum, pada bulan Oktober 2017, saya kembali aktif ngeblog dan menerima gaji sebesar $108. Hingga saat ini, saya terus aktif ngeblog dan menerima gaji secara konsisten.


Penggunaan Iklan dan Platform


Dalam menjalankan blog, saya menggunakan berbagai jenis iklan, antara lain Google AdSense, OPTAD360, MGID, dan ADVERNATIVE. Sementara itu, dalam hal platform, saya menggunakan Blogger dan Wordpress. Meskipun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, saya lebih memilih Blogger karena menurut pengalaman pribadi, ketika trafik tinggi, performa blog tidak mengalami penurunan. Bahkan, pernah suatu waktu blog saya mendapatkan 5000 pembaca dalam waktu yang bersamaan, namun tetap berjalan lancar.


Niche Blog


Blog-blog yang saya kelola memiliki niche yang beragam, mulai dari gado-gado, wisata, kuliner, hingga safelink. Namun, blog pendidikan yang sempat saya ganti domain namanya dua kali, dari Dumas.id menjadi dutamasyarakat.id, menjadi yang paling diminati dengan jumlah view yang signifikan.


Total Saldo Google AdSense dan Penggunaannya


Total saldo yang saya kumpulkan dari Google AdSense hampir mencapai 300 juta dalam waktu dua tahun. Penghasilan tersebut tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, namun juga untuk keperluan keluarga dan investasi. Bahkan, dari penghasilan tersebut, saya berhasil memiliki rumah dan bisa memberikan kehidupan yang lebih baik bagi istri hasil dari blog.


Melalui perjalanan ini, saya belajar bahwa kunci kesuksesan dalam ngeblog adalah ketekunan, konsistensi, dan terus belajar serta berinovasi. Meskipun perjalanan tidak selalu mulus, dengan tekad yang kuat, kita bisa meraih kesuksesan yang diimpikan.