Cara Melindungi Blog Supaya Tidak Bisa di Copas

Dalam dunia blogging, copy paste atau yang sering kita sebut sebagai copas, sebenarnya bukanlah hal atau tindakan yang dilarang atau tidak diperbolehkan. Boleh asalkan hal tersebut dilakukan dengan sewajarnya dan pastinya mendapatkan izin atau tetap mengikuti aturan dari pemilik blog atau website. Menurut saya copas yang dilarang atau tidak diperbolehkan adalah copas yang oleh pemilik asli blog dianggap seperti menyalin tanpa izin atau mencuri baik itu dalam bentuk artikel maupun template blog. Misalnya saja, ada blog atau website yang tidak memperbolehkan segala bentuk copas tetapi ada juga yang memperbolehkan dan mengijinkan untuk menyalin dan menulis ulang artikelnya asalkan tetap menyertakan sumber dan penulis aslinya ataupun syarat-syarat lain yang sudah ditetapkan oleh pemilik blog tersebut.

Tutorial kali ini saya tujukan untuk teman-teman blogger yang ingin melindungi blognya agar tidak bisa di copas atau dicuri. Kita dapat mencegah hal tersebut dengan cara melindungi setiap bagian dari blog kita. Bagian-bagian yang dapat kita lindungi diantaranya isi blog yaitu artikel. Misalnya dengan menghilangkan segala bentuk cara yang dapat digunakan untuk melakukan copas pada artikel blog, seperti mematikan fungsi klik kanan, block pada teks dan lain-lain. Selain itu apabila artikel menggunakan gambar, kita bisa mengeditnya terlebih dahulu untuk menandai dan mengakui kepemilikan gambar, misalnya dengan memberi nama atau sumber pemilik gambar. Bagian penting lainnya yang dapat kita lindungi yaitu template blog.

Menurut saya semua blogger tidak ingin hasil karya dan kerja kerasnya disalin dan ditiru oleh blogger lain. Karena itu tidak salah kalau teman-teman ingin mencegah hal tersebut terjadi. Saya pun akan melakukan hal yang sama, meski sebenarnya saya sama sekali tidak menggunakan tutorial kali ini pada blog saya. Karena tujuan awal saya membuat blog memang untuk saya share agar bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Bukan berarti saya mengijinkan untuk melakukan segala bentuk copas pada blog saya. Karena itu saya harap teman-teman blogger lebih bisa menghargai karya orang lain dengan cara salah satunya menaati peraturan yang telah dibuat oleh para blogger.

Langkah-langkah:
1. Masuk ke Blogger.com kemudian Login ke akun masing-masing.
2. Pada dashboard blog klik gambar arah bawah untuk membuka opsi lainnya. Lalu pilih Template. Lihat gambar di bawah ini.
3. Pilih Edit HTML. Kemudian cari kode <body>. (Gunakan Ctrl+F)
4. Ubah kode di atas seperi kode di bawah ini.

<body oncontextmenu=’return false;’ onkeydown=’return false;’ onmousedown=’return false;’>

Keterangan dari kode di atas:
oncontextmenu=’return false;’ (Digunakan untuk menonaktifkan fungsi klik kanan pada blog).
onkeydown=’return false;’ (Digunakan untuk menonaktifkan Ctrl+A dan Ctrl+U pada blog).
onmousedown=’return false;’ (Digunakan untuk menonaktifkan block select pada artikel blog).

Pilih kode yang menurut teman-teman perlu digunakan untuk melindungi blog.
5. Terakhir Simpan Template. Cek hasilnya untuk memastikan kode yang dipasang telah berhasil.
Dengan tutorial ini saya harap dapat mebantu teman-teman untuk melindungi blognya. Tolong gunakan tutorial kali ini dengan bijaksana dan terus kunjungi LensaDunia25.blogspot.com untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Terimakasih.