Cara Mudah Membuat Form Contact untuk Blog

Teman-teman pasti pernah menjumpai tulisan Contact us atau Contact me pada sebuah blog atau website. Form Contact biasanya terletak di menu bagian atas atau bawah tampilan blog. Sesuai dengan namanya Form Contact digunakan untuk mempermudah pengunjung blog menghubungi (contact) dan mengirimkan pesan kepada pemilik blog.

Bagi para blogger yang serius dengan dunia blogging, Form Contact merupakan salah satu elemen yang harus ada dan terpasang pada blog atau website. Menurut para blogger, memasang Contact Form merupakan salah satu syarat supaya blog kita bisa lebih mudah dan cepat diterima (approved) oleh Google Adsense.

Menurut saya Form Contact memang harus ada pada sebuah blog atau website, karena dengan ini setidaknya para pengunjung blog tahu blog atau website tersebut ada pemilknya dan pemilik blog tersebut dapat dihubungi melalui Contact Form tersebut.

Karena itu kali ini saya akan share tutorial mengenai Cara Mudah Membuat Contact Form untuk Blog. Bagi teman-teman yang blog atau websitenya belum ada contact form dan tidak tahu cara untuk membuat dan memasangnya silahkan untuk mengikuti tutorial kali ini.

Sebenarnya untuk blog dari blogger, fitur atau layanan Contact Form telah disediakan dan teman-teman tinggal memasangnya ke blog. Tapi kali ini saya akan menjelaskan cara membuat Contact Form melalui salah satu layanan yang ada di internet yaitu Foxyform. Dengan Foxyform kita bisa membuat Contact Form dengan mudah cepat dan pastinya gratis. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-langkah:
1. Buka browser milik teman-teman lalu kunjungi Foxyform.com.
2. Setelah masuk pada halaman Foxyform, atur dan Contact Form agar sesuai dengan yang teman-teman inginkan. Mulai dari penyetingan yang pertama sampai yang terakhir.
3. Penyetingan no 1, digunakan untuk mengatur syarat-syarat yang harus diisi pengguna untuk berlangganan. Centang yang menurut teman-teman perlu untuk ditambahkan. Klik Show further option untuk melihat opsi yang lebih banyak. Lihat gambar di bawah ini.
4. Penyetingan no 2 atau lanjutan, digunakan untuk mengatur bentuk atau tampilan Contact Form agar sesuai dengan blog atau website milik teman-teman. Atur warna background, serta jenis, warna dan ukuran font. Lihat gambar di bawah ini.
5. Penyetingan terakhir yaitu Target e-mail address. Masukkan alamat email yang akan teman-teman gunakan untuk menerima kiriman email dari yang ingin berlangganan.
6. Kemudian centang Antispam Protection dan masukkan kode captcha yang diberikan. Klik tombol Create Formular untuk mulai membuat dan mendapatkan kode Contact Form.
7. Pada tampilan selanjutnya, copy kode yang diberikan dan pasang kode tersebut di blog milik teman-teman.
8. Untuk memasang kode Contact Form di blog. Pertama buka Blogger.com dan login dengan akun masing-masing.
9. Pada dashboard blog, klik gambar arah bawah untuk membuka menu Opsi lainnya. Lalu pilih Laman (Pages).
10. Pilih Laman baru, klik tulisan HTML untuk pindah ke mode HTML. Lalu paste kode Contact Form dan beri judul pada Laman tersebut. Terakhir Publikasikan. Lihat contoh gambar di bawah ini.
Cek hasilnya dengan mengklik perintah Lihat yang berada di bawah Laman Contact yang baru selesai di buat. Contact Form sudah terpasang, sekarang tinggal teman-teman tampilkan Contact Form tersebut di blog. Teman-teman bisa menaruhnya di menu bagian atas atau bawah blog.

Saya rasa cukup tutorial tentang Cara Mudah Membuat Contact Form untuk Blog. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Terus kunjungi LensaDunia25.blogspot.com untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Terimakasih.