Muscab II IKA PMII Tulang Bawang Barat Berakhir, Isnaini Resmi Pimpin Cabang 2024-2029

Muscab II IKA PMII Tulang Bawang Barat digelar pada Rabu, 29 Mei 2024 di Pondok Pesantren Sabili Quren An-Najah, Lambu Kibang.
Muscab II IKA PMII Tulang Bawang Barat digelar pada Rabu, 29 Mei 2024 di Pondok Pesantren Sabili Quren An-Najah, Lambu Kibang.

Bandar Lampung — Silaturahmi kedua calon ketua Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKA PMII) yang merupakan mandataris Musyawarah Cabang (Muscab) II IKA PMII Tulang Bawang Barat, Isnaini dan Hadi Santoso, kepada Pengurus Wilayah (PW) IKA PMII Provinsi Lampung menandai berakhirnya Muscab II IKA PMII Tulang Bawang Barat dengan terpilihnya Isnaini sebagai Ketua Cabang IKA PMII Tulang Bawang Barat periode 2024-2029.


Hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Muscab II, Hadi Santoso, didampingi Sekretaris Panitia, Rona Irawan, saat menggelar jumpa pers di Bassle Cafe, Jl. Pulau Legundi No.235, Sukarame, Kota Bandar Lampung, Sabtu, 1 Mei 2024.

Jumpa pers Panitia Pelaksana Muscab II,di Bassle Cafe, Jl. Pulau Legundi No.235, Sukarame, Kota Bandar Lampung, Sabtu, 1 Mei 2024.


"Malam ini kami baru saja melaporkan hasil Muscab II IKA PMII Tulang Bawang Barat kepada Pengurus Wilayah (PW) IKA PMII Provinsi Lampung, dengan hasil terpilihnya sahabat Isnaini, S.Pd, MM sebagai ketua terpilih IKA PMII Tulang Bawang Barat masa khidmat 2024-2029," kata Hadi Santoso, S.Sos.I.


Laporan tahapan demi tahapan Muscab II IKA PMII Tulang Bawang Barat oleh panitia pelaksana diterima oleh Sekretaris PW IKA PMII Lampung, Mashuri, S.P, didampingi sejumlah PW IKA PMII Lampung lainnya, di antaranya Edi Sudrajat dan Reka Putra.


Mewakili Ketua IKA PMII Lampung, Noverisman Subing, Mashuri menerima dan mengapresiasi terlaksananya Muscab II Tulang Bawang Barat yang sukses menggelar muscab sesuai dengan ketentuan organisasi. Dia juga memberikan selamat serta mandat kepada ketua terpilih agar segera melakukan konsolidasi internal untuk menyusun kepengurusan masa khidmat lima tahun ke depan.


"Memang telah menjadi harapan kami IKA PMII Lampung agar seluruh PC bisa mufakat dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga IKA PMII di setiap tingkatan bisa menjadi rujukan dari permasalahan kader hingga alumninya, duduk bersama menemukan solusi yang aplikatif untuk menjawab tuntutan yang ada. Saya ucapkan selamat kepada ketua terpilih dan segera menyusun kepengurusannya," kata Mashuri.


Di tempat yang sama, Isnaini, S.Pd, MM, Ketua MKKS SMP se-Tulang Bawang Barat, menyatakan kesiapannya untuk memimpin IKA PMII Tulang Bawang Barat periode mendatang, dengan mengajak semua alumni PMII di wilayahnya bersatu membangun kebersamaan. Harapannya, ke depan bisa saling menguatkan satu sama lain, menguatkan jejaring dan relasi, sehingga tercipta sinergitas gerakan alumni yang harmonis antar kader PMII di Tulang Bawang Barat.


"Saya bersedia menerima amanah ini dengan ketentuan sahabat-sahabat bersedia satu komando, saling memberikan motivasi dan inspirasi untuk terus berjuang demi terwujudnya cita-cita IKA PMII untuk mengembangkan dan mendayagunakan seluruh potensi alumni PMII di berbagai bidang," kata Kepala SMPN 4 Tulangbawang Udik ini.


Dalam kesempatan tersebut, Isnaini juga mengumumkan bahwa dirinya telah melamar Hadi Santoso sebagai Sekretaris IKA PMII Tulang Bawang Barat, mendampinginya selama lima tahun ke depan menjalankan amanah organisasi. Keputusan ini akan diputuskan melalui rapat pleno tim formatur penyusunan struktur kepengurusan IKA PMII Tulang Bawang Barat masa khidmat 2024-2029 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.


Diberitakan sebelumnya, Musyawarah Cabang (Muscab) II IKA PMII Tulang Bawang Barat berakhir dengan keputusan deadlock dalam pemilihan ketua untuk periode 2024-2029. Acara yang digelar pada Rabu, 29 Mei 2024 di Pondok Pesantren Sabili Quren An-Najah, Lambu Kibang ini tidak menghasilkan kesepakatan di antara peserta musyawarah.

Musyawarah Cabang (Muscab) II IKA PMII Tulang Bawang Barat berakhir dengan keputusan deadlock dalam pemilihan ketua untuk periode 2024-2029.
Musyawarah Cabang (Muscab) II IKA PMII Tulang Bawang Barat berakhir dengan keputusan deadlock dalam pemilihan ketua untuk periode 2024-2029. 


Dalam forum tersebut, mufakat memutuskan dua nama calon ketua sebagai kandidat kuat, yakni Isnaini dan Hadi Santoso. Kedua calon ini mendapatkan amanah dari peserta untuk memutuskan siapa yang akan menjadi ketua, namun hingga saat ini keduanya belum mengumumkan kesepakatan final siapa yang akan ditetapkan sebagai ketua.


Situasi deadlock ini memaksa forum musyawarah untuk memutuskan bahwa pemilihan ketua akan dilanjutkan di tingkat provinsi. Keputusan ini diambil setelah melalui berbagai pertimbangan dan diskusi panjang untuk mencari solusi terbaik demi kelancaran organisasi IKA PMII di masa depan.


Menurut Panitia Pelaksana Muscab II, Rona Irawan, keputusan untuk membawa pemilihan ini ke tingkat provinsi diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih objektif dan menghindari potensi konflik di tingkat cabang.


"Kami berharap keterlibatan keputusan di tingkat provinsi dapat menjadi solusi terbaik dan menghasilkan pemimpin yang mampu membawa IKA PMII Tulang Bawang Barat ke arah yang lebih baik," ujar Rona.


Isnaini dan Hadi Santoso, sebagai calon ketua yang terpilih dalam forum ini, menyatakan kesiapan mereka untuk mengikuti proses musyawarah di tingkat provinsi. Keduanya juga mengungkapkan komitmen mereka untuk tetap menjaga semangat persatuan dan kesatuan di antara anggota IKA PMII.


"Sebelumnya saya minta maaf kepada sahabat semua, kami belum bisa memberikan keputusan, tunggu kami menghadap ke provinsi, apapun hasilnya nanti saya dan Atu Isnaini siap menerimanya untuk bersama-sama membangun organisasi lebih baik lagi," kata Hadi Santoso, mendampingi Isnaini.


Musyawarah Cabang II ini dibuka setelah kepengurusan sebelumnya menyatakan demisioner, dihadiri oleh anggota IKA PMII dari delapan kecamatan. Muscab berjalan dengan kondusif dan penuh rasa kekeluargaan. Meskipun hasilnya belum final, forum ini diakui sebagai bentuk demokrasi yang sehat di dalam tubuh organisasi, menunjukkan bahwa proses musyawarah dan mufakat tetap menjadi landasan dalam setiap pengambilan keputusan penting.


Pengambilan keputusan di tingkat provinsi dijadwalkan akan dilaksanakan dalam beberapa minggu ke depan, dengan harapan dapat segera menghasilkan ketua yang definitif untuk periode 2024-2029. Semua pihak diharapkan dapat terus mendukung proses ini demi kemajuan IKA PMII Tulang Bawang Barat.