KH Duri Abdul Karim Legowo Terima Kekalahan di Sidang Ahwa PCNU Tubaba

Kamis malam, 28 Maret 2024, KH Duri Abdul Karim mengumumkan bahwa semua anggota Ahwa telah memilih KH Mahrus Ali sebagai Rois Syuriah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat.
Kamis malam, 28 Maret 2024, KH Duri Abdul Karim mengumumkan bahwa semua anggota Ahwa telah memilih KH Mahrus Ali sebagai Rois Syuriah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat.


Tulang Bawang Barat --- Sidang Ahlul halli wal aqdi (Ahwa) dalam Konferensi Cabang ke IV PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat terdapat momen penting ketika KH Duri Abdul Karim, yang sebelumnya didukung oleh Rais Syuriyah MWCNU se-Tulang Bawang Barat, dengan tulus menerima kekalahan.

Tabulasi perolehan suara pemilihan lima calon Ahwa untuk memilih Rais Syuriyah PCNU Tulang Bawang Barat periode 2024-2029, di pimpin oleh ustadz Hayatul Islam dari PWNU Lampung


Pada sidang yang berlangsung tertutup di Pondok Pesantren Nurul Qur'an, Kamis malam, 28 Maret 2024, KH Duri Abdul Karim mengumumkan bahwa semua anggota Ahwa telah memilih KH Mahrus Ali sebagai Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Suasana sidang Ahwa di gedung BLK PP Nurul Quran.
Suasana sidang Ahwa di gedung BLK PP Nurul Quran, terdiri dariKH Duri Abdul Karim (berkacamata), KH Abdul Aziz (batik berpeci hitam), KH Qowamudin Nawawi (batik berpeci hitam), KH Mahrus Ali (berkoko putih), KH Khafid Zainuddin (berjas hijau) dan disaksikan oleh KH Muhyidin Thohir (berbaju putih) dari PBNU.


Meskipun siap untuk memegang jabatan tersebut, KH Duri Abdul Karim mengakui ketiadaannya memiliki salah satu ijazah pengkaderan (PD-PKPNU,P-MKNU,AKN-NU) yang diperlukan sebagai calon Rais Syuriyah. Dengan rendah hati, beliau sepenuhnya mendukung terpilihnya kembali KH Mahrus Ali sebagai Rais Syuriyah PCNU.

"Saya menerima keputusan anggota Ahwa, meskipun saya memilih diri saya sendiri. Namun, karena persyaratan belum terpenuhi, saya mendukung penuh terpilihnya KH Mahrus Ali. Saya akan berusaha memenuhi persyaratan tersebut untuk masa depan," kata KH Duri Abdul Karim.

KH Mahrus Ali  serta KH Muhammad Nurhadi dihadapan peserta Konfercab menyatakan kesanggupannya menjabat kembali sebagai Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat periode 2024 - 2029.


Sidang Ahwa ini dipimpin oleh wakil katib Syuriah PBNU KH Muhyiddin Thohir, dan menandai terpilihnya KH Mahrus Ali sebagai Rois Syuriah serta KH Nurhadi sebagai Ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat periode 2024 - 2029.

Sebelumnya, 20 nama calon lima anggota Ahwa telah diajukan oleh para Rois Syuriah MWCNU se-Tulang Bawang Barat. Meskipun KH Duri Abdul Karim memperoleh suara terbanyak, KH Mahrus Ali terpilih sebagai Rois Syuriah dengan dukungan mayoritas anggota Ahwa.

Tabulasi perolehan suara pemilihan lima calon Ahwa. Dok panlak


Sementara itu pada Pleno pemilihan ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Tulang Bawang periode lima tahun mendatang menghasilkan aklamasi seluruh peserta terdiri dari 9 MWCNU mengajukan KH Muhammad Nurhadi kembali mendapatkan amanah sebagai ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk periode 2024-2029.

Seluruh ketua MWCNU se Kabupaten Tulang Bawang Barat berpose bersama usai memberikan amanahnya kepada KH Muhammad Nurhadi (memegang microphone) untuk menjabat kembali sebagai ketua Tanfidziah PCNU Kabupaten Tulang Bawang periode lima tahun mendatang

Sebagai langkah pertama syarat dalam mengemban tanggung jawabnya sebagai Ketua Terpilih Tanfidziah PCNU Kabupaten Tulang Bawang Barat, KH Muhammad Nurhadi telah menandatangani kontrak jam'iyah. Kontrak tersebut merupakan bagian dari amanat sidang pleno ke-6 Konfercab ke-IV NU Tulang Bawang Barat tahun 2024 terkait pemilihan Tanfidziah PCNU.

KH Muhammad Nurhadi membacakan kontrak jam'iyah dihadapan sidang komisi.


Dalam kontrak tersebut, KH Muhammad Nurhadi menyatakan beberapa komitmen yang harus dipenuhi, antara lain telah menjadi pengurus harian PCNU setidaknya selama satu periode, telah mengikuti dan lulus kaderisasi tingkat menengah P-MKNU, serta tidak sedang menduduki jabatan politik atau organisasi yang berafiliasi dengan partai politik dalam satu tahun terakhir. Selain itu, KH Muhammad Nurhadi juga menegaskan bahwa tidak pernah ada sanksi pembekuan kepengurusan dari perkumpulan selama masa kepemimpinannya.

"Saya bersedia dan akan melaksanakan tugas ketua Tanfidziah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sebagaimana diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga NU. Saya juga siap menjalankan kewajiban sebagai pengurus dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," kata KH Muhammad Nurhadi.

Dia juga menegaskan kesediaannya untuk mentaati hasil keputusan Konferensi Cabang ke-4 NU Tulang Bawang Barat tahun 2024 dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab.

Apabila terjadi pelanggaran terhadap ketentuan dalam kontrak jam'iyah ini, KH Muhammad Nurhadi menyatakan kesiapannya menerima sanksi sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga NU.

Rais Syuriyah PWNU Lampung KH Shodiqul Amin. 


Berakhirnya konfercab di tandai dengan tausiyah dan doa penutup oleh Rais Syuriyah PWNU Lampung KH Shodiqul Amin. 

Dokumentasi lengkap perjalanan Konfercab ke 4 NU Tulang Bawang Barat ini dapat anda saksikan dalam bentuk video dokumenter melalui saluran Youtube Nu Tubaba berikut ini .