Situs suci Temple Mount atau Haram al-Sharif yang mencakup Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem. Situs ini diperebutkan Israel dan Palestina. Foto/CPA Media via DW.com
YERUSALEM - Temple Mount atau Haram al-Sharif di Yerusalem menjadi situs suci bagi umat Yahudi dan Islam. Namun, situs yang mencakup Masjid Al-Aqsa tersebut juga jadi medan konflik selama berabad-abad.
Beberapa tahun terakhir, situs suci ini diperebutkan oleh Palestina dan Israel. Secara internasional, situs itu berada dalam status quo yang rumit.
Dalam beberapa hari ini, pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa ketika umat Islam Palestina berbondong-bondong datang untuk memperbanyak ibadah Ramadhan. Laporan lain menyebut, pasukan polisi Israel memfasilitasi komunitas Yahudi untuk beribadah di situs tersebut.
Temple Mount adalah platform terangkat berbentuk trapesium yang terletak di jantung kota tua Yerusalem. Bagi umat Islam itu adalah Haram al-Sharif atau Tempat Suci.
Kompleks itu berisi The Dome of the Rock atau Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa, dan itu adalah situs paling suci ketiga Islam setelah Makkah dan Madinah.
Baik Palestina dan Israel telah menegaskan kembali komitmen mereka untuk mengizinkan akses ke Temple Mount dan untuk melindungi perdamaian tempat suci, tetapi status quo tidak diterima oleh semua orang, dan masalah ini akan tetap kontroversial.
Umat Muslim percaya bahwa itu adalah tempat yang dikunjungi oleh Nabi Muhammad selama "perjalanan satu malam" atau Isra-Mikraj, yakni ketika Nabi Muhammad melakukan perjalanan dari Makkah ke Yerusalem dan berlanjut dari Masjid Al-Aqsa naik ke surga.
Bagi orang Yahudi, Temple Mount adalah situs kuil Yahudi pertama dan kedua dan tempat di mana Abraham atau Nabi Ibrahim mempersembahkan putranya sebagai korban (ritual kurban).
Karena lokasi pasti dari bagian paling suci dari kuil tidak lagi diketahui, sebagian besar rabi setuju bahwa orang Yahudi tidak boleh berjalan di Temple Mount.
Namun, lantaran Tembok Barat dianggap sebagai bagian terdekat dari Temple Mount yang dapat dicapai tanpa memasuki kuil itu sendiri, itu adalah fokus untuk doa dan ziarah umat Yahudi.
Area Temple Mount atau Haram al-Sharif diklaim oleh Israel dan Palestina sebagai bagian integral dari negara mereka.
Sementara Haram al-Sharif saat ini dikendalikan oleh otoritas agama Islam, pemerintah Israel mengendalikan area di sekitar platform dan mengeklaim hak untuk memasuki kompleks demi alasan keamanan.
Sementara Haram al-Sharif saat ini dikendalikan oleh otoritas agama Islam, pemerintah Israel mengendalikan area di sekitar platform dan mengeklaim hak untuk memasuki kompleks demi alasan keamanan.
Menurut Pastor Jerome Murphy O'Connor, seorang sarjana alkitabiah terkemuka yang tinggal di Yerusalem selama lebih dari 40 tahun sebelum kematiannya pada tahun 2013, platform tempat Haram al-Sharif berdiri dibangun oleh Herodes Agung, dan akan dibangun tentang situs seukuran lapangan sepak bola yang agak besar, atau katakanlah Melbourne Cricket Ground, sebuah lapangan terbuka yang sangat luas.
"Dan di atasnya ada dua bangunan keagamaan: di atas Mahakudus Kubah Batu, dan kemudian masjid besar, Al-Aqsa, di ujung yang lebih jauh," katanya.
Seperti kebanyakan situs Yerusalem, area Temple Mount atau Haram Al-Sharif telah dihuni oleh semua agama besar. Bernard Wasserstein, profesor sejarah di University of Chicago, dan penulis "Divided Jerusalem" mengulas singkat sejarah situs suci yang diperebutkan.
“Kuil pertama dibangun sekitar 1.000 tahun Sebelum Masehi (SM), dan itu bertahan hingga abad keenam SM ketika kuil itu direbut dan digeledah oleh Persia yang menaklukkan Palestina dan Yerusalem pada tahun 587 SM,” katanya.
“Kuil pertama dibangun sekitar 1.000 tahun Sebelum Masehi (SM), dan itu bertahan hingga abad keenam SM ketika kuil itu direbut dan digeledah oleh Persia yang menaklukkan Palestina dan Yerusalem pada tahun 587 SM,” katanya.
“Itu dibangun kembali setelah orang-orang Yahudi diizinkan untuk kembali dari pengasingan di Babilonia pada tahun 516 dan kemudian dibangun kembali dan diperbesar secara berurutan, yang berpuncak pada Kuil Herodes, yang adalah Raja Yudea pada zaman Kristus.”
Kuil Herodes dihancurkan oleh Romawi pada tahun 70 M dan orang-orang Yahudi diusir dari Yerusalem.
Selama 600 tahun berikutnya area Temple Mount ditelantarkan.
Pada tahun 638 M, tentara Muslim yang dipimpin oleh Khalifah Umar menaklukkan Yerusalem. Namun, tidak seperti orang Romawi, dia tidak menghancurkan situs keagamaan kota mana pun, tetapi malah memutuskan untuk membangun sebuah masjid di tanah kosong yang disebut Temple Mount.
Orang-orang Muslim menyebut platform Haram al-Sharif dan mulai membangun Masjid Al-Aqsa dan Kubah Batu.
Orang-orang Arab mengizinkan kembalinya orang-orang Yahudi yang telah dibuang oleh Romawi, dan menurut O'Connor, periode antara kembalinya orang-orang Yahudi pada tahun 638 hingga kedatangan Tentara Salib pada tahun 1099 adalah salah satu periode paling damai dalam sejarah Yerusalem.
“Penduduk Yerusalem kira-kira sepertiga Muslim, sepertiga Yahudi, sepertiga Kristen. Dalam banyak hal, itu adalah tahun-tahun terbaik di Yerusalem dalam hal hubungan antaragama. Tetapi pada tahap itu perhatian Yudaisme telah beralih dari pengorbanan di kuil menjadi kepatuhan pada hukum, dan saya tidak mengetahui adanya upaya apa pun selama periode Islam awal untuk merebut kembali Temple Mount, atau untuk mencoba dan membangun kuil baru," paparnya.
Pada 1099 Tentara Salib merebut Yerusalem, dan Haram al-Sharif diubah menjadi tempat suci Kristen.
"Masjid, Kubah Batu menjadi gereja, dan sebuah biara dibangun tepat di sisi utaranya, dan di sisi selatan Masjid Al-Aqsha—yang menjadi Istana Kerajaan, dan kemudian markas Templar," kata O'Connor.
"Tentara Salib sedang bersiap untuk membangun sebuah gereja besar di Temple Mount, tapi untungnya tidak sempat melakukannya sebelum Saladin merebut kembali Yerusalem pada musim gugur tahun 1187," paparnya merujuk pada tokoh Islam, Saladin al-Ayyubi.
Saladin menurunkan artefak Kristen dan mengembalikan Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa ke kejayaan Islam mereka sebelumnya.
Seperti Khalifah Umar, Saladin toleran terhadap agama lain, dan sementara orang Yahudi dan Kristen tidak diberi status yang sama dengan Muslim, mereka diizinkan untuk tinggal dan beribadah di Yerusalem.
Menurut Oleg Grabar, pensiunan profesor Seni dan Arkeologi Islam, dan penulis "The Dome of the Rock", komunitas Yahudi saat ini tidak membuat klaim apa pun atas Temple Mount.
"Komunitas Yahudi memiliki kehidupan sendiri di kota Yerusalem. Mereka memiliki sinagoga mereka, mereka memiliki pengadilan mereka, tetapi mereka sangat sedikit terlibat dengan Temple Mount di mana kuil itu dulu, sampai abad ke-16 di mana mereka mulai datang dan meratapi kejatuhan kuil. Sekarang mengapa dan bagaimana ini dimulai, saya tidak sepenuhnya yakin, dan itu tetap ada sampai tahun 1967," paparnya.
Mengapa Tembok Ratapan menjadi begitu penting bagi orang Yahudi dan di mana cocok dengan geografi Temple Mount?
"Tembok Ratapan adalah bagian dari dinding barat kuil yang dibangun oleh Herodes, jadi itu adalah dinding luar kuil Herodes, dan konstruksi Herodes adalah pasangan bata yang megah, jadi ini sekarang masih dalam kondisi luar biasa," kata Grabar.
"Itu adalah bagian yang paling mudah diakses, yang paling terlihat dari dinding itu. Segala sesuatu yang lain dikelilingi oleh bangunan lain, aktivitas lain; itu satu-satunya yang terlihat sangat jelas"
Wasserstein mengatakan ada laporan yang sangat awal tentang orang-orang Yahudi yang berdoa di Tembok Ratapan, tetapi itu hanya menjadi masalah politik pada akhir abad ke-19 dan ke-20.
Pemerintahan Islam Yerusalem berakhir dengan kekalahan Kekaisaran Ottoman setelah Perang Dunia I, dan kota itu menjadi bagian dari Mandat Inggris atas Palestina.
Bahkan sebelum jatuhnya Kesultanan Utsmaniyah, orang-orang Yahudi Eropa, banyak di antaranya adalah Zionis, sudah mulai berdatangan ke Palestina. Baik Inggris maupun para imigran Yahudi ini tidak mempertanyakan berlanjutnya kontrol atas Haram al-Sharif oleh komunitas Muslim. Namun, ada upaya oleh beberapa Zionis untuk membeli area di depan Tembok Ratapan.
"Ada apa yang disebut Moroccan Trust yang memiliki rumah atau gubuk yang ada tepat di depan tembok," kata Wasserstein.
"Saat itu hanya ada lorong yang sangat sempit di samping tembok antara tembok dan rumah-rumah ini. Dan ada upaya untuk membeli tembok oleh organisasi Zionis dengan bantuan dana dari keluarga Rothschild. Tembok itu sendiri, menurut hukum Islam, milik kepercayaan agama itu. Tetapi upaya itu gagal," lanjut dia.
“Ada kecurigaan dari pihak Muslim, beberapa Muslim, bahwa Zionis berharap untuk membangun kembali kuil. Tetapi Zionis meyakinkan mereka bahwa bukan itu masalahnya, dan bahwa yang mereka inginkan hanyalah memastikan bahwa orang-orang Yahudi dapat beribadah di Tembok Barat, yang bukan di Temple Mount, tetapi di bawahnya.
" Sampai akhir Mandat Inggris atas Palestina, orang-orang Yahudi diizinkan untuk pergi dan berdoa di Tembok Barat tetapi hanya sendiri, dan tidak dalam kebaktian yang terorganisir.
Pada tahun 1948 Inggris menarik diri dari Palestina dan pemerintah sementara Yahudi memproklamirkan Negara Israel.
Perang dengan orang-orang Arab menyertainya dan berakhir dengan pembagian Yerusalem.
"Seluruh Kota Tua menjadi bagian dari Yerusalem Timur Yordania. Yerusalem dibagi antara tahun 1948 dan 1967 antara pemerintah Yordania dan Israel. Orang Yordania menguasai Yerusalem Timur, dan orang Israel menguasai Yerusalem Barat. Semua orang Arab diusir dari, atau melarikan diri, Yerusalem Barat, semua orang Yahudi diusir dari, atau melarikan diri, Yerusalem Timur," kata Wasserstein.
"Jadi wilayah Yahudi yang berada di Yerusalem Timur, di dalam Kota Tua, bagian suci Yerusalem Yordania, tidak dapat diakses oleh orang Yahudi dan oleh karena itu Tembok Barat, yang berada tepat di sebelah wilayah Yahudi, juga tidak dapat diakses oleh orang Yahudi, setidaknya tidak untuk orang Yahudi Israel."
Semuanya berubah lagi pada tahun 1967 setelah Perang Enam Hari. Israel menduduki seluruh Yerusalem, termasuk Temple Mount, dan Tepi Barat serta Gaza, meski saat ini Gaza dikendalikan Hamas.
"Pada hari di mana Temple Mout direbut pada bulan Juni 1967, Kepala Rabi Tentara Israel, seorang pria bernama Rabi Goren, yang merupakan tokoh yang sangat nasionalis, naik ke Temple Mount dan meniup terompet domba jantan, menandakan semacam penghormatan kemenangan di Temple Mout. Tapi dia ditegur dan faktanya salah satu keputusan pertama menteri pertahanan saat itu, Jenderal Dayan, adalah bahwa status quo agama di Temple Mount akan dipertahankan," kata Wasserstein.
"Israel pada waktu itu sangat prihatin untuk menunjukkan bahwa itu bisa menjadi penguasa yang cocok dari kota suci tiga agama, yang bisa menjamin kebebasan beribadah anggota tiga agama, dan akses gratis ke tempat-tempat suci ketiga agama," ujarnya.
Terlepas dari jaminan kebebasan beribadah ini, Israel memang mengubah pemandangan di sekitar Tembok Barat dari Temple Mount.
"Hal pertama yang dilakukan Israel ketika mengambil kendali di tahun 1967 adalah menghancurkan semua rumah Moor di depan Tembok Barat, untuk menciptakan ruang terbuka besar yang baru, sebuah piazza, dan Anda akan melihat perubahannya, itu tidak lagi Tembok Ratapan, sekarang menjadi Tembok Barat karena tentu saja zamannya jauh lebih baik," kata O'Connor.
"Tetapi mereka menyadari akan ada kekacauan di seluruh dunia Arab jika mereka berusaha untuk mengambil alih Temple Mount. Dan saya pikir para politisi senang ketika para Rabi Agung mengeluarkan proklamasi yang melarang orang-orang Yahudi pergi ke Temple Mount, karena mereka mungkin tersesat ke daerah yang dilarang untuk mereka datangi."
Namun, tidak semua orang Yahudi mengikuti logika itu. Setelah Israel menguasai Yerusalem, sejumlah kecil orang Yahudi mulai berpendapat bahwa sebuah kuil Yahudi baru harus dibangun di Temple Mount.
"Ini muncul pertama-tama hanya di antara sekelompok kecil ekstremis, dan kedua hanya muncul setelah 1967; orang hampir tidak mendengar hal seperti itu sebelum tahun 1967. Jadi itu adalah hasil setelah penangkapan Temple Mount, itu bukan alasan untuk penangkapan Temple Mount...Dan bahkan setelah tahun 1967, ada suara yang sangat kuat bahkan di antara bagian populasi Yahudi Ortodoks, pada kenyataannya terutama di antara bagian populasi Yahudi Ortodoks, menolak gagasan seperti itu," kata Wasserstein.
"Beberapa orang fanatik dari waktu ke waktu pergi ke sana dan mencoba untuk mengadakan pertemuan doa dan itu adalah salah satu hal yang menyebabkan masalah dan menyebabkan kerusuhan, dan kemudian ada upaya oleh beberapa orang fanatik untuk melakukan hal yang lebih buruk. Salah satunya meledak, pada tahun 1982, dan mulai dengan senapan mesin dan mulai menembaki orang-orang di Dome of the Rock, dan yang lain mencoba meledakkan Dome of the Rock, dan untungnya mereka dihentikan oleh Layanan Keamanan Israel."
"Tetapi orang-orang fanatik ini, yang merupakan bagian yang sangat kecil dari kelompok sayap kanan, saya akan mengatakan bahwa mereka hampir gila di Israel, sangat berisik dan telah menyebabkan banyak masalah karena mereka telah menimbulkan ketakutan serius di kalangan Muslim bahwa Zionis telah melakukan ambisi rahasia untuk mengambil alih Temple Mount, dan itu menyebabkan kerusuhan, hal itu menyebabkan kontra-kekerasan oleh Muslim menjatuhkan batu bata misalnya, melemparkan batu dari puncak Temple Mount ke bawah ke orang-orang Yahudi yang berdoa di bawah di Tembok Ratapan, di Tembok Barat, dan suasana menjadi sangat, sangat tegang," paparnya.
Pada tahun 2000, ketegangan kembali berkobar ketika Ariel Sharon (PM Israel 2001-2006) melakukan kunjungan kontroversialnya ke Temple Mount, yang mengakibatkan kerusuhan di seluruh Yerusalem.
"Ya, Ariel Sharon berkata, 'Orang Yahudi bisa pergi ke mana pun kita suka', itulah poin yang ingin dia sampaikan," kata O'Connor. “Dia berkata, 'Meskipun saya seorang menteri di pemerintahan, ini akan menjadi kunjungan pribadi murni'.
Nah, sinisme itu di luar dugaan, karena ia rupanya didampingi 1.000 polisi. Jika Sharon pergi ke sana sebagai turis pribadi seperti orang lain, tidak ada yang akan memperhatikan, tidak ada yang akan peduli. Tapi dia memiliki kontingen besar polisi bersenjata. Jelas dia mencari masalah, dan tentu saja mendapatkannya," paparnya.
Hari ini masalah itu berlanjut, dan sejak pekan pertama Ramadhan, ketegangan di Yerusalem telah meningkat menjadi kekerasan.
"Temple Mount, Haram al-Sharif telah menjadi pion politik. Ini masalah kekuasaan dan siapa yang mengendalikannya. Saat ini di dalam tembok, itu dikendalikan oleh Islam. Semua akses dari luar dikendalikan oleh Israel. Dan orang tidak dapat melihat, tentu saja saya tidak dapat melihat, solusi kompromi apa pun yang mungkin," kata O'Connor, seperti dikutip ABC News.
"Ini adalah salah satu perselisihan di tanah suci di mana orang Kristen berada di pinggir. Kami tidak memiliki klaim di sana, kami tidak pernah melakukan klaim apa pun. Tetapi kedua pihak yang berseberangan, Muslim dan Yahudi, membuat klaim mutlak.
Mereka berdua percaya bahwa mengizinkan orang lain, yaitu orang luar, berarti melawan Tuhan, karena kedua belah pihak mengeklaim 'Tuhan memberikannya kepada saya'.
Dan jika Anda mengizinkan orang luar untuk ikut campur di ruang suci itu, maka Anda pada dasarnya menghina Tuhan. Dan itulah yang memunculkan sikap keras kepala fanatik di kedua belah pihak."
Dikutip dari SindoNews.com