Terjemah Kitab (RO-AYTULLOOH) 37. SIFAT BERDIRI SENDIRI

 

راَيت الله

"Ro-aytullooh"

(Melihat Allah)

Oleh: Mustafa Mahmud

Di Nuqil  dari Kitab

Al Mawaqif wal Mukhotobat - Imam An Nafri

37.

SIFAT  BERDIRI  SENDIRI

       


Aku dihentikan oleh-Nya di tempat “Sifat Berdiri Sendiri” (Al Quyyumiah) lalu iapun berseru kepadaku :

“Aku telah mendahului bagian-bagian, maka dengan Ku telah terbagi-bagi bukan dengan pembatasan, dan Aku telah mendahului pembatasan maka dengan Ku telah terbatas bukan dengan ruang; Aku telah mendahului ruang maka dengan Ku telah teguh bukan dengan jarak; Aku telah mendahului jarak, maka dengan Ku telah berjarak bukan dengan udara; Aku mendahului udara, maka dengan Ku berudara bukan dengan hawa; Aku telah mendahului hawa, maka dengan Ku ada hawa, dan juga debu, maka dengan Ku ada debu..

(Allah berfirman yang tafsirnya, sebagai berikut : )

Ia lah yang Awal dan Yang Akhir, Yang Dahir dan Yang Bathin, dan Ia Maha Mengetahui tiap sesuatu.

 

Yang awal tiada permulaan, Yang Akhir tiada kesudahan, Yang Dahir nyata segala kekuasaan Nya, Yang Bathin tak terlihat oleh mata, karena yang bisa dilihat oleh mata tiada lain, melainkan makhluk seperti kita).



Daftar isi Kitab