Cara Membuat Blog Gratis dari Blogger

Artikel kali ini saya akan share ke teman-teman semua bagaimana cara membuat blog gratis menggunakan salah satu layanan untuk membuat blog dari google yaitu blogspot atau blogger. Sebenarnya sangat banyak situs yang menyediakan layanan untuk membuat blog gratis, seperti wordpress, mywapblog dan masih banyak lagi. Blogger merupakan salah satu layanan membuat blog yang populer dan sangat banyak penggunanya, sehingga sangat sering teman-teman jumpai website-website yang menggunakan jasa blogspot untuk menuliskan artikelnya. Selain cara membuatnya yang cukup mudah dan cepat blogger juga memiliki nilai lebih dalam segi tampilan dan juga tersedianya templates menarik serta kemudahan dalam pengaturan blognya.

Melalui Blog teman-teman dapat menyampaikan berbagai macam informasi yang teman-teman ketahui kepada pembaca, dan juga menggunakannya sebagai sarana untuk belajar dan saling tukar-menukar informasi, atau juga hanya sekedar untuk menyampaikan hal-hal yang teman-teman sukai agar dapat dibaca dan diketahui orang banyak. Selain itu ada juga yang menggunakan Blog sebagai sarana untuk menghasilkan uang melalui internet. Jika teman-teman tertarik untuk membuat dan memiliki sebuah blog, mari ikuti tutorial berikut ini.

Langkah-langkah:
1. Buka program browser milik teman-teman, kemudian ketikkan Blogger.com pada form pencarian atau search dan tekan enter.
2. Setelah muncul tampilan awal untuk daftar atau login ke blogger. Teman-teman pilih Create Account (buat akun).
3. Setelah itu akan muncul suatu halaman yang berisi form-form yang harus teman-teman isi sebagai persyaratan untuk daftar dan membuat Blogger. Lihat gambar di bawah ini.

Isi sesuai dengan data-data yang diperlukan, agar lebih jelas teman-teman dapat melihat keterangannya pada artikel saya yang sebelumnya mengenai Cara Mudah Membuat Akun Gmail. Isi dengan lengkap jangan sampai salah dan lupa pada nama pengguna dan sandi akun, karena keduanya diperlukan untuk login ke blogger yang akan dibuat.
4. Lalu centang perintah “Saya menyetujui Persyaratan layanan dan Kebijakan Privasi Google” lalu pilih Langkah berikutnya (next step).
5. Setelah itu akan muncul tampilan yang meharuskan teman-teman untuk melakukan verifikasi akun Blogger kita melalui nomor telepon. Isi dengan nomor telepon masing-masing dan pilih metode pengiriman balasannya. Ada dua cara yang pertama Text Message (SMS) atau melalui pesan teks dan yang kedua Voice Call yaitu panggilan suara. Saya sarankan untuk memilih yang Text Message (SMS) agar lebih mudah. Jika sudah tunggu sms balasan yang berisi kode verifikasi dan pilih Continue untuk melanjutkan.
6. Setelah mendapatkan kode konfirmasinya, pada tampilan berikutnya segera masukkan kode tersebut ke dalam form yang telah disediakan lalu pilih Continue.
7. Setelah muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Silahkan pilih No Thanks untuk mempercepat proses pembuatan blogger.
8. Setelah itu pilih Back to Blogger.
9. Pada tampilan berikutnya silahkan untuk mengkonfirmasikan Profil Google masing-masing. Lihat gambar di bawah ini.
10. Ada dua Opsi Profil, silahkan pilih salah satu dan kemudian pilih Lanjutkan ke Blogger.
11. Pada tampilan selanjutnya silahkan untuk mengisikan nama profil blogger masing-masing pada kolom nama tampilan untuk blogger yang akan dibuat. Isi sesuai keinginan teman-teman. Kemudian pilih Lanjutkan ke Blogger.
12. Selanjutnya teman-teman akan masuk ke blogger tersebut, dan pada tahap ini juga blog telah dibuat tetapi tutorialnya masih belum selesai sampai disini, karena blog tersebut tidak ada template dan juga alamat blognya. Karena itu teman-teman lanjutkan dengan memilih perintah Blog Baru (New Blog). Lihat gambar di bawah ini.
13. Silahkan teman-teman isikan nama Judul, alamat Blog dan jangan lupa untuk memilih templates blognya. Untuk alamat blog isi sampai muncul tanda centang yang berarti alamat tersebut tersedia bagi blog milik teman-teman. Teman-teman bisa memilih templates yang disediakan oleh blogger, jika dirasa template-template yang disediakan kurang menarik, kita bisa mendownload templates lain yang lebih menarik di internet.
Kemudian pilih Buat Blog dan tunggu proses sampai selesai.

Selesai blog telah selesai dibuat, sekarang tinggal teman-teman isi dengan artikel-artikel yang menurut teman-teman menarik untuk di postingkan.
Sekian artikel dari saya dan semoga dapat bermanfaat, terus kunjungi LensaDunia25.blogspot.com untuk mendapatkan tutorial menarik lainnya. Terimakasih.